8 Tips Cara Berjualan di Marketplace Ramai Pembeli

Tips Cara Berjualan di Marketplace – Jika kamu ingin meningkatkan penjualanmu, atau kamu yang baru memulai berjualan di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dll. Maka pahami 8 tips dan trik berjualan di marketplace berikut ini supaya jualanmu laris manis dan dilihat banya orang/calon pembeli.

Jangan hanya meihat dari sudut pandang penjual, kamu juga harus melihat dari sudut pandang sebagai pembeli. Apakah kira-kira yang akan dilakukan calon pembeli setelah melihat produk yang kamu tawarkan di marketplace.

Mari kita simak penjelasan 8 tips dan trik cara berjualan di marketplace berikut ini :

  1. Aktifkan Fitur Gratis Ongkir dan COD
  2. Buatlah Judul dan Deskripsi Barang Yang Sering Dicari Orang
  3. Balas Pesan dan Kirim Barang Secepat Mungkin
  4. Usahakan Selalu Online
  5. Bagikan Produkmu Ke Banyak Sosial Media
  6. Pembeli Tertarget
  7. Buatlah Desain Produk Yang Menarik Pembeli
  8. Berikan Pelayanan Terbaik

Aktifkan Fitur Gratis Ongkir dan COD.

Mungkin sebagian penjual merasa rugi jika mengaktifkan fitur gratis ongkir dan COD dengan alasan tertentu. Padahal banyak sekali manfaatnya jika kamu mengaktifkan kedua fitur tersebut.

Saya sarankan kamu mengaktifkan fitur gratis ongkir dan COD, kenapa? Karena biasanya orang yang mau membeli secara online paling suka dapat gratis ongkir jadi tidak harus mengeluarkan uang extra, dan sesuai pegalaman saya selama berjualan di marketplace pembeli selalu menanyakan apakah bisa COD?.

Ini juga yang harus kamu tahu dan langsung mengaktifkan fitur COD, karena biasanya calon pembeli tidak ingin ribet harus melakukan pembayaran menggunakan bank atau pergi ke minimarket, terkadang adakalanya seseorang memilih pembayaran COD karna memang lagi males mau kemana-mana seperti pengalaman saya sendiri.

Tidak usah kawatir jika dengan sistem COD barang kamu tidak dibayar, karena ketika barang kamu sampai di pembeli, kurir akan menagih uangnya.

Back To Top

Buatlah Judul dan Deskripsi Barang Yang Sering Dicari Orang

cara berjualan di marketplace 2

Maksudnya adalah, buatlah judul dan deskripsi jualanmu itu ramah terhadap mesin pencarian Google. Kenapa ? karna biasanya banyak juga orang-orang yang mencari sebuah produk melalui Google.

Misalnya kamu jualan lipstik, coba kamu pikirkan kira-kira apa yang akan diketik oleh mereka saat ingin mencari/membeli lipstik?

Jangan lupa sisipkan juga kata-kata yang ramah terhadap mesin pencari google di deskripsi produkmu. Misalnya “Lipstik termurah di jakarta, Lipstik tebaik harga grosir, review lipstik A, dan lain-lain”, silahkan mencari kata-kata apa yang paling sering dicari orang untuk menemukan produkmu.

Usahakan ketika kamu membuat judul dan deskripsi produk harus ramah terhadap Google, tambahkan keywoord dan hashtag juga di deskripsi produkmu, ini setidaknya bisa menambah trafik dan membuka kesempatan transaksimu lebih besar.

Back To Top

Balas Pesan dan Kirim Barang Secepat Mungkin.

cara berjualan di marketplace 3

Ini adalah salah satu poin terpeting jika kamu berjualan di marketplace, mengirim barang pesanan secepat mungkin.

Lamanya pengiriman barang akan sangat mempengaruhi performa tokomu di Marketplace, karna jika kamu mengirimkan barang pesanan dengan lambat misal 3 hari kemudian pasti tidak ada yang mau belanja lagi di tokomu.

Untuk itu, penting diperhatikan sejak awal masalah stok dan pengiriman barang, agar kamu tidak kewalahan nantinya jika tokomu sudah ramai.

Di shopee misalnya, memberlakukan sistem poin kepada toko, jika kamu membalas dan mengirim orderan dengan lambat nanti tokomu akan mendapat nilai jelak, kamu tidak mau kan jika toko kamu menjadi buruk di mata pembeli?.

Usahakan Selalu Online.

Bukan berarti selama 24 jam kamu harus on terus di Hp atau laptopmu ya, tapi setidaknya jangan terlalu lama logout dari akun marketplace sampai berhari-hari (niat jualan gak? Hehehe).

Sebenarya poin yang ini ada kaitannya dengan poin yang ke tiga juga, diusahakan kamu jangan logout akun kamu, biasanya jika kamu keluar dari tokokamu dalam jangka waktu yang lama (misal 1 mingggu) nanti ketika ada pembeli yang melihat toko kamu pasti akan muncul peringatan bahwa toko ini tidak buka salama 1 minggu, dan saya yakin pembeli akan mikir dua kali untuk order.

Back To Top

Bagikan Produkmu Ke Banyak Sosial Media.

Dengan posting produk jualanmu di marketplace bukan berarti pekerjaanmu selesai, dan berharap akan langsung ramai pembeli. Jika segampang itu, maka tidak mungkin kamu sampai mencari tips dan cara berjualan di marketplace kan ? hehe.

Bagikan produkmu ke sosial media, Ini juga menjadi peluang besar untuk produkmu dibeli oleh banyak orang atau minimal memperkenalkan produk yang kamu jual. Jadi kamu tidak hanya mengandalkan trafik dari marketpalce dan Google saja, kamu perlu melakukan lebih dari sekedar posting lalu pergi. Lakukan semaksimal mungkin untuk mempromosikan produk  jualannmu.

Back To Top

Pembeli Tertarget.

Kamu harus tau siapa targetmu, misal kamu jualan baju, nah kamu juga harus target orang yang suka dengan baju, jangan sampai kamu menjual suatu produk yang gak tau siapa yang akan membeli.

Misal, dengan mencari toko sainganmu yang bayak followernya lalu kamu follow akun mereka satu-persatu. Atau berselancar ke media sosial seperti Facebook, instagram, dan lihat disana seperti apa calon pembelimu. Kenali karakter mereka, ini berguna untuk menentukan kata-kata dan juga desain produk jualanmu nanti.

Back To Top

Buatlah Desain/Poto Produk Yang Menarik Pembeli.

Jangan asal-asalan memasang poto/gambar produk yang kamu jual, karna gambar dan judul adalah cinta pertama seorang pembeli.

Gambar adalah visual yang pertama kali menggoda pembeli, jika desainya menarik itu bisa mempengaruhi pembeli untuk memilih produkmu dan membuat peluang besar barangmu di beli.

Jadi sebisa mungkin buatlah gambar yang menarik diihat, kamu bisa memanfaatkan aplikasi gratis di Smartphon atau laptop untuk membuat dan menghasilkan gambar yang menarik. Saya merekomendasikan aplikasi Canva yang gratis dan sangat powerfull untuk mendesain gambar produk jadi terlihat menarik.

Back To Top

Berikan Pelayanan Terbaik

Tips cara berjualan di marketplace yang terakhir adalah meberikan pelayanan terbaik dan ramah. Ingat bahwa pembeli adalah sumber penghasilanmu, jalin komunikasi yang baik. Ciptakan rasa aman dan nyaman supaya mereka jadi langganan di tokomu

Tips yang satu ini memang sudah menjadi standart wajib bagi pelaku bisnis, buatlah pembeli nyaman dan berikan semua informasi yang mereka inginkan, jika mereka merasa puas dengan produ dan pelayananmu kemungkinan besar mereka akan menjadi pelanggan tetap tokomu dan kembali order di toko kamu.

Itulah ulasan mengenai 8 tips cara berjualan di marketplace supaya jualanmu laris manis dan ramai pembeli.

Jangan pernah putus asa dan menyerah jika jualanmu masih sepi dan mungkin belum laku. Teruslah belajar dan memerbaiki apa yang salah dengan caramu berjualan.

Semoga dagangan kamu laris manis ya!

Apa Saja Persiapan Iklan Facebook Ads Yang Perlu Diketahui

Image Credits :

Infographic vector created by Olga_spb | Business vector created by pikisuperstar

Car vector created by pch.vector | Background photo created by rawpixel.com

Business vector created by stories | Design vector created by freepik

Technology vector created by pch.vector | Business photo created by jcomp – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *